Senin, 06 Oktober 2014

Ask TomaTo - Bagaimana Menghilangkan Getah pada Labu Siam/Labu Jipang?

Labu jipang adalah nama labu siam di daerah medan. Biasanya labu ini di masak dengan santan atau di tumis. Sangat gampang di jadikan sayur karena rasanya yang sedikit manis. Akan tetapi saat memotongnya terkadang kita mengalami kesulitan di mana getah di dalamnya membuat tangan kita lengket dan kesat. Penulis sendiri pernah mengalaminya dan hampir putus asa saat ingin memasak buah labu ini dan suatu hari saat ada acara sosial, di dapur umum penulis menemukan seorang koki yang kebetulan lagi memotong labu ini tapi tanpa ada getah yang keluar. Kok bisa?

Ternyata oh ternyata jawaban cukup simpel yaitu karena dia telah mengeluarkan dulu getahnya sebelum di potong lebih lanjut. Mengeluarkan getahnya? Dengan apa? Menjawab ekspresi kebingungan penulis, dia langsung mempraktikkan di depan penulis cara mengeluarkan getah dari labu jipang. 
Seperti biasa cuci dulu labu jipangnya agar bersih dari kotoran lalu cukup belah dua dengan arah vertikal, biji labu jipang pun akan ikut terbelah dua. Setelah itu, belahan tadi kita satukan dan gosok-gosokan satu sama lain selama lebih kurang 3-5 menit. Getah labu siam akan keluar dan berada di pinggir belahan tadi, jika dirasa tidak ada getah yang keluar lagi, kita tinggal membuang getahnya. Labu jipang telah siap di potong kotak-kotak atau memanjang sesuai selera anda. 
Oh iya, labu jipang yang masih muda cenderung memliki getah lebih sedikit, labu jipang yang masih muda di tandai dengan warna kulitnya yang masih hijau tua. Untuk mengolah labu jipang, penulis sudah menyiapkan resepnya juga kok, silahkan klik di sini.
Demikian tips untuk hari ini, terima kasih telah berkunjung ke asktomato.blogspot.com dan selamat mencoba!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar