Rabu, 01 Oktober 2014

AskTomaTo - Mengurangi bahkan Menghilangkan Migrain Tanpa Obat

Hai, sobat asktomato..
Oktober telah dimulai dan prediksi BMG di bulan ini kota Medan akan mendapatkan banyak curah hujan di banding bulan lainnya.
Kalau di kota sobat asktomato lainnya gimana?
Anyway, kali ini penulis ingin membagikan bagaimana mengurangi bahkan menghilangkan rasa nyut-nyut di kepala terutama untuk sobat wanita. Penulis sendiri tidak mengenal migrain hingga menginjak usia remaja. Awalnya asal ada gejala sakit kepala ya minum obat sakit kepala biasa tapi tidak mempan, sakitnya tidak mau hilang lalu setelah mengkonsumsi obat migrain baru hilang.
Ya kalau sesekali minum obat migrain tidak masalah tapi bagaimana jika migrainnya datang seminggu sekali ataupun seminggu 2x, lama-lama bisa kecanduan obat migrain dong? Haha..


           Dari artikel yang pernah penulis baca, tertulis bahwa dalah hal migrain, wanita cenderung mengalami 4x lebih banyak daripada pria akibat kadar hormon yang sering naik turun terutama menjelang atau selama masa PMS (Pra MenStruasi). Hal ini membuat penulis tertegun sejenak karena membenarkan tulisan tersebut. Kalau berbicara tentang obat ya obat migrain sekarang ada banyak, sebut saja panadol, bodrex, dan lain-lain tapi apa perlu setiap kali migrain datang langsung mengkonsumsi obat tersebut khususnya obat pereda sakit? Obat pereda sakit kalau di konsumsi dalam jangka waktu cukup lama akan berakibat fatal, fatalnya adalah ketika misalnya kita akan dioperasi kan perlu di bius nah di saat tubuh kita sudah kebal terhadap obat pereda sakit bisa jadi obat bius tidak akan mempan lagi atau mungkin dibutuhkan dosis obat bius yang lebih besar yang tentunya akan berdampak ke tagihan rumah sakit. Biaya obat bius yang diperuntukkan operasi itu tidaklah murah karena kalau termasuk operasi besar, akan ada dokter spesialis obat bius yang menjaga kadar obat dan memastikan kita tidak bangun selama operasi.

          Lantas kalau tidak mengkonsumsi obat migrain solusinya apa dong? Solusinya cukup sederhana sebenarnya, yaitu :
1. Jika migrain muncul setelah beraktifitas terlalu lama di depan komputer maka segera hentikan aktifitas itu untuk beberapa saat, 15 menit misalnya. Saat menggunakan komputer jangan lupa untuk sesekali melihat ke arah lain, jangan ke monitor terus.

2. Bisa di bilang yang paling penting adalah OLAHRAGA. Ya, saat migrain muncul dan dalam kondisi sudah di rumah ya olahraga saja minimal setengah jam dan migrainnya akan hilang setelah selesai berolahraga. Penulis dulu menggunakan trik ini. Kalau sekarang, penulis dalam seminggu berolahraga sebanyak 4x-5x pada pagi hari dan sudah 2 minggu penulis lakukan, tidak ada migrain yang datang menhampiri bahkan pada saar pms sekalipus. You should try to workout, ladies! Terserah mau yoga, fitness, jogging ataupun lari yang penting olahraga selama 30 menit saja. Perlu diingat juga kalau membersihkan rumah itu tidak termasuk berolahraga loh karena kita tidak fokus terhadap pembentukkan tubuh.


3. Jika sedang dalam masa menstruasi dan migrain datang saran penulis adalah mengkonsumsi makanan yang tinggi kalsium misalnya yogurt atau susu. Kenapa? karena kalsium memberi sensasi tenang dan rileks dan ini juga mengapa di film Indonesia jaman dulu kadang ada adengan dimana wanitanya meminum susu sebelum tidur, gunanya agar cepat terlelap karena sensasi rileks dari kalsium. Oh iya, mengkonsumsi makanan dengan karbohidrat komleks juga membantu menstabilkan mood yang uring-uringan misalnya kentang dan kacang-kacangan.

Nah, penulis berharap 3 tips di atas bisa mengurangi bahkan menghilangkan migrain yang sering kambuh khususnya pada kaum wanita.
Yang paling penting jangan lupa olahraga dan mengkonsumsi makanan sehat ya! Akhir kata, terima kasih sudah berkunjung dan stay tune at asktomato.blogspot.com!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar